*Rapat Gugus Tugas Covid 19 Selayar, Kapolres Ingatkan Hadist Nabi Jangan Tinggalkan dan Jangan Datangi Daerah Wabah*


KORAN INDONESIAKU.COM

Kepulauan Selayar - Pemerintah Kabupaten Kepulauan Selayar dalam Gugus Tugas Penanganan Covid 19 kembali menggelar rapat di Ruang Kerja Bupati, Hari ini Senin 13/04. Rapat tersebut membahas Pembatasan Penyebrangan Penumpang dan Logistik di Pelabuhan Pamatata Kab. Kep. Selayar.

Sehubungan dengan masih banyaknya Warga Kepulauan Selayar yang datang dari daerah Zona Merah khususnya Kota Makassar, Kapolres Kepulauan Selayar AKBP. Temmangnganro Machmud, S.IK. MH mengungkapkan bahwa masyarakat yang sudah terlanjur berada di luar Selayar hendaknya tidak dipulangkan ini, Sesuai dengan hadist Nabi Muhammad SAW.

"Bila kamu mendengar wabah di suatu daerah, maka kalian jangan memasukinya. Tetapi jika wabah terjadi wabah di daerah kamu berada, maka jangan tinggalkan tempat itu.’ Ungkap Kapolres mengutip hadist yang diriwayatkan Bukhari-Muslim.

Lebih lanjut Kapolres menegaskan bahwa terkait penumpang yang naik dikapal pemuatan logistik dan pangan agar dilakukan larangan. Selanjutnya untuk Penumpang yang akan menaiki kapal tanpa SPB agar dilakukan pendataan dari dinas perhubungan.
Untuk masalah stabilitas harga agar dilakukan operasi pasar sehingga tidak terjadi penimbunan dan kenaikan harga barang.

Kapolres juga mengungkapkan bahwa hasil temuan Operasi yang dilakukan jajarannya, masih  banyak  gudang yang tidak memiliki izin (resi gudang) yang menyebabkan dugaan terjadinya penimbunan, karena arus keluar masuk barang tidak tercatat. 

Diakhir sarannya Kapolres, mengingatkan agar perlu diwaspadai terkait terjadinya provokasi oleh masyarakat masalah larangan kegiatan di luar dan penerapan  tidak melaksanakan sholat jumat di Masjid diganti dengan  sholat Dzuhur di rumah masing-masing.   Himbauan yang dikeluarkan pemerintah agar ditaati sesuai dengan surat edaran yang dikeluarkan. 

Terakhir Kapolres memberikan pesan khusus agar Dana yang terkumpul di Badan Amil dan Zakat agar disalurkan sesuai dengan ketentuan dengan sasaran yang tepat.

Rapat ini dihadiri langsung oleh seluruh  Forkopimda, Ka Unit Pelabuhan Para Kepala OPD terkait, Kepala Bandara, Pihak Wings Air, ASDP dan Undangan lainnya.

(Humas Res Selayar)