Jaga Marwah LSM, Jadikan LSM Pengimbang Bagi Pemerintah Dan Masyarakat


KORAN INDONESIAKU.COM

Makassar, - Memahami peran peranan LSM. LSM sebuah organisasi yang didirikan oleh perorangan, sekelompok orang sukarela memberikan pelayanan kepada masyarakat umum tanpa bertujuan memperoleh keuntungan dari kegiatan.

LSM sering disebut Non Gevemment Organization (NGO) atau Organisasi Non Pemerintah (ORNOP), keberadaannya sangat mewarnai kehidupan Politik di Indonesia. LSM sebuah kekuatan tersendiri dalam model tiga sektor (three sector Model) yakni sektor Pemerintah, sektor Dunia usaha dan sektor Lembaga Voluntir. LSM berkedudukan sebagai Lembaga Penengah yang menengai Pemerintah dan warga Negara.

LSM harus kritis terhadap Pemerintah, tetapi adakalanya LSM BERTINDAK pula sebagai penjelas Kebijaksanaan Pemerintah. Sikap Kritis itu hendaknya dipahami. LSM itu tumbuh sebagai kekuatan Pengimbang, baik terhadap Pemerintah maupun swasta, Kekuatan pengimbang diperlukan agar mekanisme Demokrasi dapat bekerja. LSM tidak mesti dapat dinilai sebagai kekuatan OPOSAN karena LSM adalah dua mitra Pemerintah dan Masyarakat dalam Pembangunan.
Dari Ketua Umum LSM Gempar Indonesia Sulawesi Selatan AMIRUDDIN.SH.Kr.Tinggi
Mengidentifikasi empat peranan yang dapat dimainkan oleh LSM dalam sebuah Negara yakni:
1. Katalisasi perubahan sistem untuk dilakukan dengan mengangkat sejumlah masalah yang penting dalam masyarakat, membentuk sebuah kesadaran global, melakukan Advokasi demi perubahan kebijaksanaan Negara, mengembangkan kemauan politik rakyat dan mengadakan eksperimen yang mendorong inisiatif masyarakat.

2. Memonitor pelaksanaan sistem dan cara penyelenggaraan Negara bila perlu melakukan protes karena bisa saja terjadi penyalahgunaan kekuasaan, pelanggaran hukum yang dilakukan pejabat negara dan kalangan Business.

3. Memfasilitasi rekonsiliasi warga negara dengan lembaga peradilan ini dilakukan karena tidak jarang warga masyarakat jadi korban kekerasan, LSM muncul secara aktif melakukan pembelaan terhadap rakyat yang menjadi korban ketidakadilan.

4. Implementasi program Pelayanan LSM dapat menempatkan diri sebagai Lembaga yang mewujudkan program dalam masyarakat. AMIRUDDIN.SH.Kr.Tinggi.06220. (Humas Gempar)

BAGIKAN BERITA INI KE:

0 Response to "Jaga Marwah LSM, Jadikan LSM Pengimbang Bagi Pemerintah Dan Masyarakat"

Post a Comment